Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos oleh KKNT IPB

  • Jul 14, 2023
  • Admin

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos oleh KKNT IPB yang di laksanakan pada 2 Juli 2023 berlokasi di Rumah Pak Sutarno (Ketua GAPOKTAN). Ada dua teknik pembuatan kompos yang di coba pada sosialisasi tersebut, yang tentunya sangat mudah dan bahan baku nya banyak terdapat di sekitar kita, kalian yang membaca tulisan ini mungkin juga dapat mencoba nya di rumah.

Bahan dan alat yang digunakan:

  1. Ember yang sudah di lubangi dan di beri keran, embernya harus yang ada tutupnya
  2. Bak air (Untuk melarutkan molase dan EM4 dengan air)
  3. Limbah organik
  4. Kotoran ternak
  5. Bekatul
  6. Tanah
  7. Lahan
  8. Molase
  9. Air
  10. EM4
  11. Cangkul

Setelah semua bahan dan alat siap. Pertama-tama kita buat dulu campuran EM4 dan molase dan larutkan dalam air.

Teknik Pertama, bahan baku yang kita perlukan adalah tanah, limbah organik seperti sisa makanan, daun jagung kering dan lain sebagainya, EM4 dan molase yang sudah di larutkan dalam air. Pertama, kita masukan tanah, kemudian di atasnya tumpuk dengan limbah organik, kemudian tumpuk dengan tanah, begitu seterusnya hingga ember penuh. (Urutannya: Tanah-Limbah Organik-Tanah-Limbah Organik- dan seterusnya). Setelah penuh, siram dengan EM4 dan molase yang sudah di larutkan dalam air, terakhir tutup.

Teknik Kedua,  bahan baku yang kita perlukan adalah kotoran ternak, bekatul dan EM4 dan molase yang sudah di larutkan dalam air. Kotoran ternak dan bekatul di aduk dan di campur sampai merata sembari di sirami dengan EM4 dan molase yang sudah di larutkan dalam air. Begitu seterusnya hingga merata, setelah itu bisa di tutup dengan terpal.